Senin, 13 April 2015

Inilah Pesawat Tempur Buatan Indonesia-Korsel

Inilah Pesawat Tempur Buatan Indonesia-Korsel | Menatap banyaknya pakar di bidang pesawat terutama mereka yang telah gabung di Perusahaan-perusahaan luar negeri, sepertinya produksi pesawat tempur made in indonesia hendak terwujud lebih cepat dari rencana awal. Yang jadi problem utama ialah politik dan juga business yang tidak rela indonesia mampu membikin pesawat tempur sendiri.

Kamu tau bukan, kalau selama ini dalam tiap pengadaan alutsista pasti ada broker baik tersebut dari TNI sendiri ataupun dari anggota DPR. Broker ini nanti-nya hendak mencari spek pesawat tempur yang bersesuaian dengan keingin sang pemakai yaitu TNI. Mendengar kata "Broker" memang agak berindikasi negatif, namun butuh kamu pahami tanpa lobi seperti tersebut pengadaan pesawat tempur bisa jadi menyantap biaya yang lebih gede sebab pemerintah harus mengirimkan pakar mereka menuju pabrik pembuatan pesawat tempur.


Sang broker umumnya membawa informasi lengkap terkait pesawat tempur pesanan dan juga yang diminati TNI. Nah, Broker ini kalau indonesia mempunyai pesawat tempur buatan dalam negeri kan bakalan kurang pemasukan mereka, makanya dalam prosedur pembuatan Pesawat Buatan Indonesia mereka men-coba mencegal. Bukanlah ahlinya yang kurang, mengingat indonesia telah lumayan lama jua mampu memproduksi pesawat walaupun pesawat tempur asli buatan indonesia belum pernah di buat.

Sama halnya dengan indonesia, korsel pun mempunyai permasalahan dalam agenda pembuatan pesawat tempur kerjasama indonesia-korsel ini, salahsatunya adalah permasalahan politik yang agak mempersulit. Walaupun belakangan terdengar agenda pembuatan dan juga produksi pesawat ini bakal dilanjutkan kembali dan juga indonesia telah mengirimkan pakar mekaniknya menuju korsel.

Pengadaan Pesawat F-16 Blok 60/61, 62 dan juga kaitannya dengan pesawat IFX

Kini muncul opsi terbaru dalam pengadaan pesawat tempur pengganti F-5 yaitu pesawat tempur F-16 Blok 60/61/62. Kemungkinan indonesia hendak mengambil pesawat tempur F-16 selaku ganti F-5 dengan harapan agar Lockeed Martin mau ikutan bantu indonesia-korsel dalam pembuatan pesawat tempur dalam negeri.

Mendengar pesawat tempur F-16 Blok 60/61/62 tidak boleh menyamakan dengan F-16 yang telah dimiliki indonesia sebelumnya, sebab varian ini jauh berlainan dibandingkan pendahulunya. Dan juga pesawat tempur F-16 Blok 60/61/62 memang dibuat bersesuaian dengan konsep fighter masa depan, jadi tidak ada problem kalau indonesia menjadikan pesawat ini selaku opsi pengganti F-5 TNI AU.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Pesawat Tempur Buatan Indonesia-Korsel